Coretan

# Menunggu

tumblr_m46b39FyOF1qb3edao1_500

Sebagian mungkin berdalih bahwa menunggu adalah pekerjaan yang membosankan. Tapi pernah tidak kita memaknai rahasia dibalik menunggu? Atau pernah tidak kita tak sedikitpun mengeluh ketika sedang menunggu?

Pertama-tama yang perlu kita ketahui adalah kenapa kita harus menunggu? Sebenarnya tanpa kita mempertanyakannya, toh kita memang sedang berada di posisi tersebut. Yah, menunggu untuk sebuah kematian.

Lalu pelajaran apa yang bisa kita ambil dari “menunggu”?

Pertama, menunggu mengajarkan kita akan kesabaran. Tentunya kita semua mempunyai banyak keinginan. Misalnya keinginan mempunyai pasangan idaman, rumah yang mewah, kendaraan yang bagus, anak soleh dan lucu, dan masih banyak lagi pastinya. Keinginan tersebut tidak serta merta tercapai seperti tongkat ibu peri yang ketika diucapkan sim salabim semuanya langsung terpenuhi. Tidak sama sekali. Namun semua keinginan membutuhkan kerja keras untuk mendapatkannya. Atau dengan kata lain bahwa semuanya butuh proses dan dalam proses tersebut kita pasti dan akan mengalami apa yang dinamakan “menunggu”.

Kemudian kedua, menunggu mengajarkan kita untuk tetap berprasangka baik kepada Allah. Kenapa demikian? Yah, karena kita kadang menggerutu ketika apa yang kita inginkan tidak tercapai. Malah yang muncul ialah prasangka yang tidak baik terhadap Allah. Astagfirullah… Misalnya saja ketika kita menginginkan agar jodoh kita datang secepatnya. Beribu doa telah dipanjatkan, usaha pun sudah dikerahkan. Namun hasilnya tak kunjung datang. Mulailah muncul prasangka buruk terhadap Allah. Padahal sedikitpun Allah tak pernah mengabaikan hamba-hambanya, malah Dia mempunyai rencana yang indah terhadap hidup manusia. Begitupun pada masalah jodoh. Olehnya itu, berprasangka baiklah Pada-Nya.. kalaupun jodoh yang sangat diharapkan tak kunjung mampir, mungkin Allah mengharapkan kita untuk menunggu dan memperbaiki diri dulu.

Sebagaimana firman Allah pada QS al_Baqarah: 216 yang terjemahannya adalah:

Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah Maha Mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui.

Tetaplah menunggu!
Karena yakinlah selalu ada sesuatu yang indah yang Allah rahasiakan bagi kita yang tengah menunggu…

(c) Nur Isra Ahmad, 3 September 2014.

Iklan

6 tanggapan untuk “# Menunggu

  1. Karena sejatinya, menunggu akan membuat kita semakin lebih dekat dengan-Nya, yang Maha Memiliki apa yang sebenarnya sedang kita tunggu selama ini.
    Tak ada yang tak baik, semua skenario-Nya penuh dengan hikmah 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s