Coretan

#Kematian

tumblr_lytixopx2Y1qaf2vjo1_500

Perbanyaklah mengingat pemutus kenikmatan, yaitu kematian. Karena kematian itu, jika diingat oleh orang yang sedang dalam kesusahan hidup, akan bisa meringankan kesusahannya. Dan jika diingat oleh orang yang senang, akan bisa membatasi kebahagiannya.

Apa yang ada dibenak kita, jika kita berbicara kematian? yahh tentu saja takut, sedih, pertanggungjawaban amal, serta sakaraul maut. Itulah kematian, kematian tak dapat diundur bahkan dimajukan barang sedikitpun, karena kematian sebuah rahasia dan ketetapan sang Ilahi Rabbi.

Kematian tak pandang bulu, pejabat, menteri, artis, presiden bahkan Nabi yang merupakan utusan Allah.. semuanya mengalami yang namanya kematian. Mau bersembunyi di belakang tembok besar atau bahkan di bawah tanah sekalipun, kita tak mampu mengindarinya. itulah kematian… Sebagaimana terjemahan dalam QS Ali Imran:145 yang berbunyi:

   “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. dan Kami akan memberi Balasan kepada orang-orang yang bersyukur.”

Kematian adalah suatu proses menuju kehidupan yang sebenarnya, karena kematian bukanlah sebuah akhir, melainkan awal.

Lalu bagaimana jika kematian itu terjadi pada belahan jiwa kita ayah, ibu, anak, istri atau suami.. atau anda sendiri yang mengalaminya. Siapkah anda menghadapinya? sebagai orang-orang yang beriman yang percaya akan hari akhir, kita harus mampu mempersiapkannya dan menyakini bahwa ada kehidupan yang lebih baik yakni akhirat, di mana di akhirat kelak, tak ada lgi rasa sedih, kecewa marah.. olehnya itu maksimalkanlah ibadah kita di dunia, baik melalui ibadah mahdah maupun ibadah gairu mahdah.. kematian bukan untuk ditakuti melainkan untuk dipersiapkan…

Selama nafas masih berhembus, jantung masih berdetak, tetaplah mengukir kebaikan,  ucapklah kalimat-kalimat tayyibah. biasakanlah….   Dan bergaullah dengan orang-orang yang soleh, karena kita tak pernah tau sudah seberapa banyak amalan kta? lalu bagaimana cara kita akan meninggal ? husnul khatimah atau suul khatimah..? Naudzubillah.. semoga husnul khatimah.. aamiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s